Menu Close

Peran dan Fungsi KEPK

Peran KEPK Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, yaitu:

  1. Melindungi dan mendukung otonomi manusia baik sebagai calon dan subjek penelitian;
  2. Melindungi kesejahteraan calon dan subjek penelitian; dan
  3. Menyeimbangkan sejumlah pertimbangan moral yang relevan ketika mempertimbangkan proposal/protokol penelitian, termasuk menghormati otonomi, perlindungan dan peningkatan kesejahteraannya.

Fungsi KEPK Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, yaitu :

  1. KEPK melaksanakan fungsinya dengan memberi persetujuan etik (ethical approval) sesudah melakukan penilaian protokol penelitian yang diketahui pimpinan lembaga.
  2. KEPK berhak mengusulkan pemberian sanksi kepada pimpinan lembaga.
  3. KEPK berhak menarik kembali/membatalkan persetujuan etik yang telah diberikan kalau kemudian hari ditemukan pelanggaran selama pelaksanaan penelitian. Pada prinsipnya KEPK menganggap bahwa pemberian sanksi kurang pantas dan lebih mengutamakan mengembangkan suasana keterbukaan dan saling percaya (mutual trust) untuk melakukan pembinaan.
  4. KEPK memiliki tanggungjawab terlaksananya penelitian kesehatan yang bermutu melalui penilaian dan pengambilan keputusan tentang kelayakan etis suatu penelitian
  5. Ruang lingkup penilaian etik penelitian yang dilakukan oleh Komisi Etik Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya untuk penelitian di bidang kesehatan baik yang akan dilaksanakan oleh dosen, profesi kesehatan, peneliti, maupun mahasiswa.